WIJA Buka Rekrutmen Jurnalis Pencinta Alam

Open Recruitment WIJA

Open Recruitment WIJA

WIEF – Pembukaan pendaftaran Wartapala Indonesia Journalist Association (WIJA) dibuka mulai hari ini, Selasa (22/03). Program yang diluncurkan sebagai wadah bagi jurnalis Pencinta Alam dan Lingkungan di Indonesia ini diluncurkan oleh Pimred Wartapala Indonesia Media Partner, Ragil Putri Irmalia.

Sesuai dengan fungsinya, WIJA dihadirkan untuk mewadahi Relawan Junalis Pencinta Alam/Alam Bebas/Lingkungan dengan prinsip “Good News is also Good News” (berita baik bisa menjadi berita menarik) di mana para anggota WIJA akan menjadi relawan yang akan membantu memberitakan kegiatan maupun hal-hal positiv mengenai dunia Kepencinta Alaman/Alam Bebas/Lingkungan.

Sesuai dengan didirikannya Wartapala Indonesia yakni menjadi media partner pencinta alam di Indonesia dengan badan hukum yayasan sesuai akta notaris Nomor 10, tanggal 03 Pebruari 2016 oleh notaris Tantien Bintarti S.H., di Sidoarjo dan SK Kemenkumham AHU-0007958.AH.01.12.Tahun 2016 tanggal 11 Pebruari 2016 dan terdaftar di Dewan Pers pada 01 April 2016.

Wartapala Indonesia asuhan Peny Agustini jebolan Prapala Stikosa AWS terus mengembangkan kapasitasnya dengan bantuan sukarela para pengurusnya yang mendedikasikan diri untuk kemajuan dunia kepencinta alaman di Indonesia. Untuk anggota WIJA sendiri akan dididik dan dilatih oleh asuhan wartawan profesional dengan target peningkatan kapasitas jurnalis anggota WIJA agar sajian berita lebih bermutu dan berkualitas.

Teknis pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunduh formulir pendaftaran anggota di kolom “PREMIER” bagian “UNDUHAN” atau unduh di link di bawah ini

FORMULIR PENDAFTARAN WIJA

selanjutnya mengisi dengan lengkap dan sesuai KTP biodata diri. Kemudian formulir dikirim ke alamat email wartapala.wija@gmail.com dilanjutkan konfirmasi via SMS ke Pimred di nomor 082132813741 (Ragil Putri Irmalia) yang selanjutnya proses administrasi untuk pembelian seragam dan kartu id.

Terakhir pendaftar diwajibkan magang selama satu bulan sebelum resmi diangkat sebagai anggota WIJA, uniknya magang kali ini adalah untuk melatih dan sebagai orientasi anggota WIJA sebelum bertugas menjadi relawan jurnalis pencinta alam Indonesia.

Ragil Putri Irmalia sebagai Pimred menuturkan bahwa, “anggota WIJA merupakan kumpulan para relawan jurnalis Pencinta Alam yang berasal bukan hanya dari anggota pencinta alam saja, dan bukan berarti anggota WIJA merupakan Pencinta Alam.”

“Relawan jurnalis pencinta alam ini dibentuk sebagai salah satu cara untuk mewadahi dan mengupgrade kapasitas anggota maupun siapa saja yang mau belajar tentang dunia jurnalistik pencinta alam, alam bebas maupun lingkungan tentunya. Diharapkan hal positif ini juga diterima positif juga oleh masyarakat umum dan para insan pencinta alam khususnya,” lanjut Pimred yang tercatat sebagai anggota Mahapala UPN Veteran Jatim.

Saat ditanya tentang magang dan persyaratan yang mengharuskan anggota mengirim laporannya minimal seminggu sekalipun Pimred WI menanggapi, “magang sendiri tidaklah memberatkan, magang dilakukan selama satu bulan di mana per minggu pendaftar diwajibkan mengirimkan tulisannya apapun itu sesuai jenis berita yang ada di WI dan sekali liputan langsung dalam kegiatan kepencinta alaman, jadi dalam magang pendaftar akan minimal mengirimkan 4 berita di mana hal itu untuk mengetahui kapasitas pendaftar dan juga sebagai proses pembelajaran sebelum resmi menjadi anggota WIJA.”

“Tentu pada saat magang ada proses pembelajaran dengan cara pendaftar mempelajari materi jurnalistik yang disediakan di kolom TENTANG WI bagian INFO ANGGOTA, sehingga di manapun keberadaan anggoat bisa mempelajarinya sendiri. Sedangkan syarat anggota di mana diwajibkan perminggu mengirim satu tulisannya adalah untuk melatih anggota itu sendiri agar aktif dan semakin terasa potensi jurnalistiknya,” tutupnya.

Setapak demi setapak Wartapala Indonesia akan hadir berkarya dengan sukarela, bahwa bekerja sukarela bukanlah pekerjaan yang sia-sia dan mudah. Ada pengorbanan waktu, tenaga dan materi yang tidak sedikit di sana, hal ini semata bentuk cinta kita terhadap kelestarian alam dan lingkungan yang merupakan titipan anak cucu. Mari luruskan niat dan mari bergabung menjadi relawan jurnalis pencinta alam bersama Wartapala Indonesia. Salam Lestari.

HUMAS WIEF

2 thoughts on “WIJA Buka Rekrutmen Jurnalis Pencinta Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *